Minggu, 03 Juli 2011

MEDIA PENYIMPANAN DATA


MEDIA PENYIMPANAN DATA

Media penyimpanan data dalam computer disebut sebagai memory atau storage. Dalam hal ini pengertian memory terbagi menjadi 2, yaitu internal memory dan external memory. Internal memory merupakan suatu memory yang terletak di dalam CPU, sedangkan memory yang terletak di luar CPU dikatakan sebagai external memory.
A. Internal Storage (Primary Storage)
Adalah suatu memory yang terletak di dalam CPU. Setiap data yang tersimpan akan ditempatkan dalam alamat tertentu sehingga computer dapat dengan cepat menemukan data yang dibutuhkan. Besar kecilnya computer ditentukan oleh besar kecilnya memori yang dimiliki. Pada dasarnya memori ini mempunyai sifat volatile, memori akan dapat bekerja jika ada aliran arus listrik. Dan memori jenis ini tidak dapat dimanfaatkan sebagai media penyimpanan secara maksimal, tidak dapat bekerja sebagai work area dari system computer secara nyata.
Internal Storage (Primary Storage) terdiri dari :
1. ROM (Read Only Memory)
Berfungsi untuk menyimpan pelbagai program yang berasal dari pabrik computer. Sesuai dengan namanya, ROM (Read Only Memory), maka program yang tersimpan dalam ROM, hanya bisa dipakai oleh para pemakai.


Jenis-jenis ROM antara lain, yaitu:
a. PROM (Programmable Read Only Memory)
b. EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
c. EEPROM (Electrically Erasable Read Only M
emory)
2. RAM (Random Access Memory )
Merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data. RAM befungsi untuk menyimpan program dan data dari pemakai computer dalam bentuk pulsa-pulsa listrik, sehingga seandainya listrik yang ada dimatikan, maka program dan data yang tersimpan akan hilang.
Jenis-jenis RAM antara lain, yaitu:
a. SRAM (Static RAM)
b. DRAM (Dinamyc RAM)
c. FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM)
d. EDO DRAM (Extented Data Out DRAM)
e. SDRAM (Synchronous)
f. RDRAM (Rambus DRAM)
g. Credit Card Memory
h. Kartu Memory PCMCIA
i. FlashRAM
j. VRAM (Video RAM)
B. External Storage (Secondary Storage)
Adalah suatu tempat atau sarana yang bisa dipakai computer untuk menyimpan data atau program, dan mempunyai fungsi hampir sama dengan internal memory. Pada memori jenis ini tidak wajib ada system computer, tidak seperti pada internal memori yang keberadaannya wajib dan harus ada. Memori eksternal dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam memori primer, yaitu dapat mengatasi masalah keterbatasan area pada memori primer. Sifat dari memori eksternal ini adalah non-voletile.
Ada 2 jenis Secondary Storage :
1. Serial / Sequential Access Storage Device (SASD);
A. Magnetic Tape

Magnetic tape adalah model pertama dari pada secondary memory. Tape ini juga dipakai untuk alat input / output dimana informasi dimasukkan ke CPU dari tape dan informasi diambil dari CPU lalu disimpan pada tape lainnya.
Panjang tape pada umumnya 2400 feet, lebarnya ½ inch dan tebalnya 2 mm. Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang dilapisi ferroksida. Flexible plastiknya disebut Mylar. Mekanisme aksesnya adlah tape drive.
Jumlah data yang ditampung tergantung pada model tape yang digunakan. Untuk tape yang panjangnya 2400 feet, dapat menampung kira-kira 23.000.000 karakter. penyimpanan data pada tape adalah dengan cara sequential.
B. Punched Card
Kartu plong. Kartu berlubang. Kartu yang mampu melakukan penyimpanan dalam format berlubang pada kartu tersebut.
Sebelum tahun 70-an, perintah-perintah maupun data-data yang diberikan kepada komputer biasanya dituliskan dalam suatu media masukan yang disebut kartu plong atau punch card. Kartu plong ini selanjutnya dibaca oleh unit masukan yang disebut pembaca kartu (card reader). Kartu berlubang ini biasanya mempunyai 80 kolom, sehingga dapat ditulisi sampai 80 karakter, namun demikian ada juga kartu plong yang kurang dari 80 kolom, serta yang lebih dari 80 kolom.
  
C. Punched Paper Tape
Alat yang digunakan untuk melubangi atau menulisi paper tape dengan melubangi kertas tersebut sesuai dengan ketentuan penyimpanan data pada kertas tersebut
2. Direct Access Storage Device (DASD);
A. Magnetic disk
Media penyimpanan data yang bentuknya merupai piringan dan pada permukaannya dilapisi dengan bahan kimia yang disebut dengan ironoxide. Perekaman datanya disimpan pada permukaan tersebut dalam bentuk kode binary. Misalnya Harddisk, dll.


B. Floopy Disk
Sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur yang terbuuat dari plastik mylar dan berbentuk persegi atau persegi panjang .Terdapat beberapa ukuran disket, yaitu 8 inci, 5 ¼ inci, dan 3 ½ inci.
C. Mass Storage
Merupakan Media penyimpanan yang memiliki kapasitas besar. Contohnya adalah CD-ROM, DVD-ROM, USB, flashdisk,dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar